-->

Tips Cara Membuat Password Yang Paling Aman, TERBARU

Akun anda pernah dibajak atau disalah gunakan orang ?
Atau, yakin setidaknya anda pernah mendapat email pemberitahuan bahwa ada yang mencoba menembus dan menggunakan akun anda.
Bagaimana perasaan anda ?
Marah, jengkel, khawatir atau biasa-biasa saja ?
Tapi yakin pula, seandainya tidak merasakan salah satu di atas, setidaknya merasa penasaran, bagaimana mereka bisa melakukannya ?

Selama ini kita sering merasa “aman” dengan akun-akun on line yang dipunya. Sebab merasa hanya diri sendiri-lah yang tahu apa passwordnya.
Namun seharusnya, tidak boleh merasa aman. Sebab pada kenyataannya, selain melakukan penipuan dengan cara "Phising", pembajakan akun dengan menembus password ini makin hari makin marak.

Para hacker mempunyai banyak trik mencari alamat email secara mudah dan cepat. Dan hanya dengan program software yang “cukup sederhana”, sebuah password sudah bisa ditembus.

Dan makin hari para hacker – para penembus password – ini makin canggih lagi.

Repotnya, masih banyak dari pengguna internet yang terkesan asal-asalan ketika membuat password. Mungkin tidak terpikirkan apa akibatnya jika membuat password secara serampangan.
Padahal ketika akun mereka ditembus oleh para hacker, meski menggunakan internet hanya sekedar untuk “fun” saja sudah jengkel. Apalagi jika penggunaan internetnya ditujukan untuk kegiatan bisnis, ekonomi. atau mencari duit lewat internet. Tentu Bete-nya setengah mati. ( Karena harus merugi ).

Repotnya lagi, kesalahan dalam membuat password ini terkadang bukan murni berasal dari pengguna sendiri. Tetapi justru dari “anjuran” situs-situs internet yang diikuti.
Sebab pada faktanya sampai saat ini masih banyak situs-situs internet yang “menganjurkan” para penggunan atau membernya untuk membuat passwordnya “hanya” sebanyak 8 digit.

Padahal menurut laporan terbaru berdasarkan hasil penelitian Institut Teknologi Georgia, password dengan 8 digit ini sudah tidak jamannya dan sudah tidak aman lagi !

Panjang password dalam beberapa kasus dapat mendikte kerentanan. Sebagai contoh password ( standard ) 8 digit.
Para peneliti menggunakan cluster kartu grafis sebagai cara untuk membobol password 8 digit ( karakter ). Hasilnya ?
Hanya butuh waktu kurang dari dua jam saja untuk membobolnya !

Untuk itu, demi keamanan penggunaan internet di masa-masa selanjutnya, para peneliti merekomendasikan 12 digit karakter ketika membuat sebuah password.
Tetapi mengapa “harus” 12 karakter ? Bukan 11 atau 13 ?
Mereka menjawabnya, karena 12 keseimbangan antara "kenyamanan dan keamanan."

Mereka beranggapan, bahwa seorang hacker canggih mungkin bisa mencoba kombinasi 1 triliun sandi per detik.
Dengan skenario tersebut, akan dibutuhkan waktu selama 180 tahun untuk memecahkan sandi 11 digit karakter.
Dan akan terjadi suatu lompatan besar ketika ditambahkan satu karakter saja, yaitu menjadi 12 karakter. Sebab akan dibutuhkan waktu selama 17.134 tahun untuk bisa menembusnya !
Tetapi mengapa tidak 13 ? Tahu sendiri khan, orang bule alergi terhadap angka 13 ini.

Dari situlah para peneliti memberi anjuran baru agar password 12 digit karakter ini seharusnya menjadi password standard di masa mendatang.

Setelah mengetahui berapa jumlah karakter password yang paling aman digunakan, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara membuat kombinasi ( karakter ) password yang baik dan aman ?

Untuk kombinasi ( karakter ) password yang baik dan aman sebenarnya tidak susah-susah amat. Tetapi jika belum mengetahuinya ( tekniknya ), tentu saja akan terasa agak sulit.
Sebagai tips mudahnya :

1. Harap membuat password dengan yang mudah diingat.
Namun hindari nama sendiri ( nama yang terpampang di akun ). Karena akan mudah ditebak.

2. Jangan hanya menggunakan karakter huruf saja, namun gunakan kombinasi karakter.
Yaitu huruf besar, huruf kecil, juga karakter khusus dan angka.

3. Dan terakhir, jangan lupa, tetap gunakan 12 karakter.
Sebagai contoh membuat password yang baik dan aman, misalnya : PasswordKu12 atau PasswordKu-1

You may like these posts