Cara Menghilangkan Duri Ikan Yang Tersangkut Di Tenggorokan, LENGKAP


Meski sudah berusaha untuk berhati-hati, namun karena bentuknya yang kecil dan susah dilihat, masalah duri ikan yang tersangkut di tenggorokan cukup sering terjadi. 
Ketika hal seperti ini terjadi biasanya langsung panik dan bingung, bahkan ketika terjadi pada anak-anak biasanya mereka langsung menangis. 
Selain rasanya yang tidak enak di tenggorokan, juga merasa takut kalau terjadi apa-apa. 
Sedangkan untuk menghilangkan duri yang “nyangkut” ini, bisa dibilang gampang-gampang susah. Sebab karena letaknya yang berada di dalam, tentu tidak mungkin untuk “dirogoh” begitu saja. 
Orang-orang tua jaman dulu punya cara yang cukup unik untuk mengatasi masalah duri ikan yang tersangkut di tenggorokan seperti ini. 
Mereka biasanya mengunakan nasi putih yang dikunyah begitu saja untuk menghilangkan duri ikan yang tersangkut. Dan nyatanya, cara tradisional ini dalam banyak kasus, berhasil. 

Jika suatu saat mengalami masalah seperti ini, beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi atau menghilangkan duri ikan yang nyangkut di tenggorokan antara lain : 

1. Dengan minum Air putih sebanyak-banyaknya 

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan minum air putih sebanyak-banyaknya. Tujuannya untuk “menghanyutkan” duri yang nyangkut. 
Pada beberapa kasus, cara ini bisa berhasil. Namun jika tidak bisa dilanjutkan dengan cara kedua. 

2. Dengan mengunyah nasi putih 

Coba ambil sekepal nasi putih, lalu dikunyah begitu saja hingga cukup lembut ( jangan terlalu lembut ), lalu ditelan secara perlahan. 
Cara ini terbukti ampuh untuk menghilangkan duri ikan yang tersangkut di tenggorokan. 

3. Dengan makan kue-kue kering yang seret 

Jika nasi putih tidak berhasil mengatasi masalah ini, cara selanjutnya adalah dengan makan kue-kue kering agak lunak namun bersifat “seret” di tenggorokan. Kue bolu contohnya. 
Caranya : ambil kue bolu secukupnya, kunyah hingga cukup halus lalu telan secara perlahan dan bergelombang. 
“Kesereten” kue bolu saat masuk dan melewati di tenggorokan ( biasanya ) sangat efektif melepas dan menghilangkan duri ikan yang tersangkut. 

4. Berkumur dengan menggunakan larutan garam 

Namun jika cara di atas masih saja belum mampu mengatasi masalah, karena duri ikannya cukup bandel, coba cara selanjutnya, gunakan larutan garam. 
Caranya : ambil garam, lalu larutkan dalam air hangat dalam gelas. 
Sebaiknya larutan garam dibuat agak pekat. 
Gunakan larutan garam pekat ini untuk berkumur-kumur di bagian pangkal tenggorokan. 
Meski rasanya asin, cara ini sangat ampuh untuk mengtaasi masalah duri ikan yang nyangkut di tenggorokan. Sebab larutan garam pekat ini akan merangsang keluarnya dahak secara cepat keluar. 
Dimana dengan keluarnya dahak, duri yang nyangkut di tenggorokan biasanya juga akan ikut terlepas. 

5. Dengan melakukan tindakan medis 

Namun jika keempat cara di atas belum juga berhasil mengatasi masalah, maka sangat disarankan untuk segera pergi ke dokter THT agar dapat diberi tindakan medis yang diperlukan. 
Sebab ada kemungkinan besar, duri ikan tersebut menancap cukup dalam di bagian tenggorokan sehingga sangat susah untuk terlepas dan dihilangkan. 
Jika tidak segera dilakukan tindakan medis – selain rasanya yang tidak enak di tenggorokan - dikhawatirkan duri ikan yang tersangkut tersebut dapat menjadi penyebab munculnya masalah kesehatan susulan. 

● Masalah kesehatan yang bisa terjadi akibat duri ikan yang tersangkut di tengorokan 

Beberapa orang terkadang agak menyepelekan masalah duri ikan yang nyangkut di tenggorokan. Sebab keluhan yang paling sering dirasakan “hanyalah” rasa tidak enak pada tenggorokan. 

Namun jika masalah tidak segera diatasi, duri ikan yang tersangkut di tenggorokan ternyata dapat mengakibatkan munculnya gangguan kesehatan yang cukup serius, antara lain : 

1. Perdarahanan dan nyeri tenggorokan 
Duri yang tersangkut di tenggorokan bisa menyebabkan perdarahan.akan mengakibatkan nyeri tenggorokan. Adanya luka ini akan menyebabkan timbulnya rasa sakit, nyeri pada tenggorokan terutama saat digunakan untuk menelan. 

2. Pembengkakan dan radang Tenggorokan 
Adanya luka dan duri yang masih tertancap, akibat selanjutnya bisa menyebabkan pembengkakan, kemudian terjadi peradangan. 

3. Infeski tenggorokan 
Peradangan bahkan akan lebih parah jika sampai muncul iritasi. Sehingga tidak hanya terjadi masalah peradangan yang serius tetapi juga dapat terjadi infeksi tenggorokan. 

4. Abses rhitoparingeal 
Asbes Rhitoparingeal adalah kondisi dimana terjadinya nanah di bekas tertusuknya duri ikan. 
Gejala dari Asbes Rhitoparingeal antara lain : 
- rasa nyeri hebat di tenggorokan 
- munculnya demam yang naik turun 
- terjadinya Droling atau keluarnya saliva dalam jumlah banyak dari dalam mulut 
- terjadi gangguan pernafasan 
- terjadi Retraksi interkostal yaitu kondisi dimana otot tulang iga tertarik karena penderitanya biasanya akan berusaha untuk menarik nafas panjang 
- terjadi perubahan suara menjadi lebih besar 

5. Pendarahan abses 
Apabila abses mengalami pendarahan secara terus-menerus maka akan menjadikan munculnya rasa mual, muntah hingga kehilangan kesadaran. 

6. Terjadi gangguan pernafasan 
Dan apabila abses pecah ke dalam saluran udara, maka akan menjadikan penderita mengalami gangguan pernafasan. 

7. Terjadinya penyebaran infeksi ke bagian dada 
Pada dampak yang lebih lanjut dapat menyebabkan terjadinya penyebaran infeksi hingga ke bagian dada, yang pada gilirannya akan melemahkan fungsi paru-paru. 

8. Pneumonia 
Dan ketika sampai terjadi gangguan pada paru-paru, maka juga bisa menyebabkan terjadinya pneumonia. 

Menimbang dampak kesehatan yang terjadi cukup serius, selain harus segera mengatasi masalah ketika terjadi, juga sangat disarankan agar jangan sampai tertelan dan tersangkut duri ikan. 

● Cara pencegahan agar duri ikan tidak tersangkut di tenggorokan 

Beberapa cara yang bisa digunakan untuk mencegah agar duri ikan tidak nyangkut di tenggorokan, antara lain : 

- Pilih ikan yang durinya jarang dan sedikit 

Jika memungkinkan sebaiknya pilih jenis ikan yeng memiliki duri jarang dan sedikit. Sebagai contoh misalnya ikan tongkol atau ikan kembung. Dengan mengkonsumsi ikan yang durinya jarang atau sedikit, tentu saja resiko untuk tersangkut duri juga berkurang. 
Simak juga : 

- Memisahkan duri dari tubuh ikan 

menghilangkan duri ikan yang tersangkut di tenggorokan
Saat mengolah sebisa mungkin pisahkan duri dari tubuh ikan. 
Cara ini memang sedikit agak ribet, namun sangat efektif untuk mencegah terjadinya masalah duri ikan yang nyangkut di tengorokan. 
Bila tidak memungkinkan, maka saat makan harus lebih berhati-hati, pisahkan ikan dan durinya sebelum dimakan. 

- Memasak ikan dengan cara di presto 

Memasak ikan dengan cara di-presto akan membuat duri menjadi sangat lunak, sehingga cukup aman untuk langsung dikunyah bahkan jika sampai tertelan. 

Nah itulah beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan masalah duri ikan yang tersangkut di tenggorokan. Termasuk juga cara pencegahan dan dampak kesehatan apa yang mungkin bisa terjadi ketika masalah tersebut tidak segera diatasi. 

Mengkonsumsi ikan memang sangat sehat dan sangat disarankan. 
Namun mengingat adanya resiko diatas, ada baiknya jika selalu teliti dan berhati-hati ketika sedang menyantap sajian menu ikan. Jangan “kesusu dan grusa-grusu” sehingga malah tertelan dan tersangkut duri ikan di tenggorokan. 
Simak juga : 
Terima kasih telah berkunjung. Silahkan simak artikel Lainnya.
Dan Bantu Bagikan Jika Memang Bermanfaat