Teknologi Artificial Intellegence Yang Diprediksi Menghebohkan dan Menjadi Trend Baru Di Tahun 2017

Sejalan dengan lompatan teknologi yang dicapai di dunia Informasi Telekomunikasi ( IT ) dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan, Teknologi Artificial Intellegence juga mengalami hal yang serupa. 

Hal-hal yang dulunya tidak terbayangkan untuk bisa dilakukan, namun secara pasti kini mulai diambil alih oleh “mesin”. 
Sebab tidak seperti di jaman dulu, “mesin” di era kini dan mendatang akan dibekali dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence, sehingga bisa belajar dan “berfikir” sendiri. 

Dimotori oleh beberapa perusahaan teknologi global seperti Google, Microsoft, Facebook, Apple, hingga Amazon, mereka bersaing untuk bisa mengembangkan sebuah algoritma terbaru yang berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence ini. 
Sebagai contoh yang masih “kinyis-kinyis’ adalah hadirnya Ponsel Google Pixel yang dilengkapi Google Assistant 

Karena itulah sebuah perusahaan riset teknologi informasi yang cukup ternama, Gartner memprediksi, selain temuan-temuan teknologi baru yang mencengangkan, di tahun 2017 ini, teknologi yang berbasis pada Artificial Intelligence alias kecerdasan buatan (AI) dan Advance Machine Learning akan berada di urutan paling atas dan menjadi trend. 

Dan sebagaimana yang diprediksikan oleh Gartner, beberapa Teknologi Artificial Intellegence yang diprediksi akan menghebohkan dan menjadi trend baru di tahun 2017 

● Advanced Machine Learning 

Advanced Machine Learning merupakan bagian dari kelanjutan Artificial Intelligent (AI). Yaitu sebuah “mesin” dengan system yang memiliki cakupan lebih canggih karena mampu untuk memahami, mempelajari, memprediksi, beradaptasi, dan berpotensi beroperasi secara mandiri. 

advanced learning machine

Machine Learning ini diperkirakan akan lebih banyak diterapkan kendaraan yang mandiri, perkakas elektronik konsumen, virtual personal assistants, smart advisors, hingga robot, yang mengarah pada penciptaan peralatan-peralatan yang lebih cerdas di masa depan. 

● Intelligent Apps 

Gartner memprediksikan bahwa Intelligent Apps akan berpotensi merubah kondisi kantor di masa mendatang. Sebab salah satu contoh penerapan Intelligent Apps adalah virtual asisten yang memiliki kemampuan hebat dalam mengerjakan tugas sehari-hari. 

● Intelligent Things 

Seperti laiknya teknologi Intelligent Apps, maka pada Intelligent Things juga mengandalkan kehebatan kinerja AI dan Advanced Machine Learning. 

teknologi baru yang menjadi trend tahun ini

Namun pada Intelligent Things akan lebih banyak digunakan pada peralatan seperti drone, kendaraan mandiri, dan smart appliances. 

● Digital Twin 

Teknologi Digital Twin diprediksi secara perlahan akan menggantikan kombinasi SDM terampil dan perangkat monitoring tradisional. 
Teknologi terbaru ini nantinya diperkirakan akan banyak diterapkan pada perencanaan jasa dan perbaikan peralatan operasional industri dan meningkatkan efisiensi. 
Sebab dengan perangkat software yang lebih dinamis, baik dari fisik maupun sistemnya, Digital Twin mampu menggunakan data dari sensor untuk memahami keadaan, merespon perubahan, meningkatkan operasi, dan menambah nilai. 

● Digital Technology Platforms 

Jika diibaratkan Digital Technology Platforms adalah pondasi bangunan dalam bisnis digital. Dengan 5 fokus utama, yakni information systems, customer experience, analytics and intelligence, IoT, dan business ecosystems. 
Dengan itu Perusahaan akan mengidentifikasi bagaimana sebuah platform industri akan berkembang serta merencanakan system untuk mengembangkan platform untuk persaingan bisnis digital. 

● Mesh App and Service Architecture 

Mesh App and Service Architecture adalah untuk keseimbangan permintaan dan stabilitas layanan terhadap sebuah arsitektur modern yang baru untuk memberikan kinerja aplikasi yang gesit, fleksibel, dan dinamis. 

Selain teknologi yahud diatas masih ada lagi yang lainnya, antara lain : 

● Blockchain 

Blockchain menggabungkan konsep middleware, database, keamanan, analisis/AI, manajemen moneter, dan identitas, sehingga ibaratnya merupakan buku besar yang bisa diakses public, yang mampu menunjukkan semua data transaksi yang pernah terjadi di dalam jaringan. 

● Adaptive Security Architecture 

Ke depan perkembangan IoT dan teknologi cerdas akan mampu menciptakan solusi keamanan dimana semua hal bakal berhubungan satu sama lain. 

● Conversational System 

Merupakan sebuah program komputer yang dirancang khusus untuk men-simulasi percakapan atau komunikasi interaktif pada pengguna (manusia) melalui bentuk teks, suara, dan visual. 

● Teknologi VR dan AR 

Teknologi VR dan AR boleh dibilang baru meledak akhir-akhir ini. Ke depan penggunaan teknologi Virtual Reality maupun Augmented Reality akan lebih maksimal dan menghebohkan, yang diprediksikan akan mencapai puncaknya pada tahun 2021 mendatang. 

Nah itulah beberapa teknologi yang berbasis Artificial Intellegence ( AI ) yang diprediksi akan menghebohkan dan menjadi Trend Baru di tahun 2017 ini. 

Setidaknya menurut Gartner. 
Lihat juga : 
Terima kasih telah berkunjung. Silahkan simak artikel Lainnya.
Dan Bantu Bagikan Jika Memang Bermanfaat