-->

Cara Jump Start ( Jumper ) Accu Dengan Menggunakan Kabel Booster

Meski telah melakukan perawatan accu dengan baik dan benar, terkadang accu kendaraan masih mengalami masalah kurang setrum alias tekor.

Hal seperti ini mungkin bisa saja terjadi karena kesalahan kecil yang tidak disengaja.

Misalnya : lupa mematikan lampu, lupa mematikan AC atau memang karena disebabkan adanya masalah pengisian dari dynamo Ampere, dan sebagainya.
Jika hal ini terjadi ketika masih berada di rumah, sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah. Tinggal copot accu, disetrum ulang ( re-charge), lalu dipasang kembali. Beres sudah.

Tapi masalahnya, jika terjadi ketika sedang berpergian atau sedang dalam perjalanan, lain lagi ceritanya. Jalan keluar termudah - dan yang paling umum dilakukan oleh kebanyakan orang - adalah dengan mendorong mobilnya.
Tapi hal seperti ini juga mungkin hanya bisa dipakai untuk mobil-mobil keluaran lama.
Untuk mobil-mobil baru yang sistem kelistrikannya sudah terintegrasi, cara ini cukup riskan.
Lagian belum tentu kondisi lapangan memungkinkan ( medan yang sempit, kurang tenaga dsb ).

Jika suatu saat mengalami kondisi seperti ini, agar mobil / kendaraan bisa dinyalakan maka langkah yang bisa diambil adalah dengan melakukan jump start accu.

Apa itu jump start Accu ?

Jump Start Accu secara bahasa gampangannya adalah menggandengkan 2 buah accu, dimana satu Accu dalam kondisi nagus bagus, sedangkan Accu satunya dalam keadaan tekor setrum untuk mencatu tenaga dari yang lebih dengan tujuan utama untuk memutar dynamo starter agar mobil bisa dihidupkan.
Masih susah juga ya bahasanya.
Gampangnya lagi men-jumper 2 accu untuk menghidupkan mobil dengan menggunakan kabel.

Mungkin ada yang langsung komentar.
Wah kalo cuman "menjumper aki " segitu sih gampang amat.
Tinggal hubungkan dengan kabel, terminal positip accu yang satu ke terminal positip accu lainnya. Yang negatif juga dapat kutub negatif. Selesai sudah .
Tapi benarkah ? memang segampang itu.

Satu hal yang perlu diperhatikan dan diingat adalah jika metode jumper aki yang digunakan tidak dilakukan dengan tepat dan benar, ternyata bisa menimbulkan KECELAKAAN.

Ini bisa terjadi karena ketika memutar tombol starter untuk menghidupkan mobil, arus yang mengalir melalui kabel ternyata sangat besar. ( Kalau tidak percaya, coba gunakan kabel yang tidak seharusnya. Apa yang terjadi ? kabel terbakar bukan ? ).

Nah agar untuk menghindari kecelakaan, untuk menghidupkan mobil yang kebetulan accunya tekor dapat diikuti cara Jump Start Accu dengan menggunakan kabel Booster sebagai berikut :

- Siapkan kabel booster ( ingat jangan kabel sembarangan ). Biasanya dijual 1 set, harganya tergantung jenis, besar dan kualitasnya

- Jangan menarik kabel terlalu keras dan kencangkan kabel dengan benar

- Usahakan memakai sarung tangan karet, jika terpaksa tidak ada lindungi tangan dengan bahan yang merupakan isolasi arus listrik ( agar tidak kena setrum )

- Pastikan bahwa kunci kontak kedua mobil dalam posisi mati / OFF

PERHATIAN.
Berhati-hatilah untuk tidak menghubungkan secara langsung terminal battery dan (+) dan (-) . tapi hubungkan 2 accu dengan kabel sesuai urutan gambar berikut (1), (2),(3) dan (4).

- Setelah kabel booster tersambung, nyalakan mesin dari mobil penolong ( yang accu-nya sehat ), kemudian tingkatkan mesin sedikit, kemudian nyalakan mesin pada mobil yang accunya tekor.

- Setelah keduanya hidup, Kabel booster disingkirkan dengan urutan berbalik dari urutan pemasangannya (4), (3), (2),(1)


- Dan harap diingat jump start hanyalah prosedur pertolongan pertama. Jangan terlalu sering melakukan ini demi kesehatan Accu.

- Dan setelahnya tetap lakukanperawatan Accu secara baik dan benar.

- Namun jika accu tetap menunjukkan gejala rusak atau soak, jangan buru-buru dibuang dulu.Karena ada cara praktis untuk memperbaiki accu yang rusak.

Selamat mencoba.

You may like these posts