-->

Membuat Halaman Error 404 Otomatis Untuk Membantu Traffik Blog

Suatu ketika anda pasti pernah mengalami, ketika meng-klik sebuah alamat URL ternyata halaman yang muncul adalah Page Not Found atau Laman Tidak Ditemukan alias halaman ERROR bin halaman 404.

Halaman ERROR 404 ini bisa terjadi pada setiap situs atau blog.
Karena penyebabnya bisa dari banyak factor. Umpan / feed yang tidak diketemukan, susunan script yang tidak, karena artikel memang sudah dihapus, URL halaman yang telah diganti, atau karena pengunjung salah dalam mengetikkan URL dan yang lain sebagainya.

Yang pasti bagi pengunjung halaman ERROR 404 menjadi menjengkelkan karena “hasratnya yang tidak kesampaian”. Bagi pemilik situs atau blog, apa ruginya.
Jelas akan mengurangi “jatah” traffic blog, karena pengunjung menjadi batal memasuki situs atau blog. Dan ini jelas hal yang tidak bagus bagi sebuah blog.

Nah agar kedua hasrat kesampaian ( pengunjung pada akhirnya masih bisa mencari yang diinginkan dan pemilik situs / blog tetap memperoleh traffic kunjungan ) maka perlulah dibuat halaman 404 atau halaman ERROR.
Karena dengan mensetting dan membuat halaman 404 pada blog maka pengunjung yang tadinya kecele dapat diarahkan ke halaman utama ( Homepage ) ataupun ke halaman lain yang dikehendaki. Dengan demikian blog tidak akan jadi kehilangan pengunjung.

Dan itulah guna halaman 404 untuk traffic blog.

Halaman ERROR 404 dapat didesin dan disetting sesuai keinginan masing-masing, tergantung kreativitas. Namun pada dasarnya dapat digolongkan menjadi 2, yaitu :

1. Halaman ERROR 404 manual ( non redirect )
Artinya, setting halaman ERROR melibatkan tindakan manual pengunjung. Yaitu ketika pengunjung menemukan halaman ini, maka ia harus melakukan klik secara manual untuk pindah menuju ke halaman utama ( homepage ) atau halaman lainnya.

2. Halaman ERROR 404 otomatis ( redirect error page )
Artinya ketika pengunjung menemukan subuah halaman ERROR maka ia akan di redirect secara otomatis ke halaman utama atau halaman lain yang ditentukan. Nah, karena pada umumnya pengunjung tidak mau repot, maka yang dibahas kali ini adalah cara membuat halaman ERROR 404 secara otomatis atau redirect error page.

Untuk pengguna Blogspot, langkahnya cukup mudah, cukup ikuti Cara Membuat Halaman ERROR 404 Otomatis berikut ini :

● Masuk ke blogger
● Lalu Pilih Setelan » Preferensi Penelusuran » Kesalahan dan Pengalihan » Pesan Khusus untuk Laman Tidak Ditemukan » dan Edit
● Untuk mudahnya copy pastekan kode script di bawah ini ke dalam kotak :


<p align='center'><strong>
<font color='#ff0000' size='25px'>
Error 404<br/>[Page Not Found]...!!!
</font></strong></p>
<br/>
<p align='center'><font color='#0000ff' style='font-size: 25px'><strong>Halaman yang anda cari tidak ditemukan. Kami mohon maaf atas hal ini ( atau ganti saja sesuai keinginan anda )</strong></font></p>
<br/>
<p align='center'><font color='#000' style='font-size: 15px'>Dalam beberapa saat, anda akan dialihkan ke halaman lain ( atau ganti saja sesuai keinginan anda )</font>
<script type = "text/javascript"> //Redirect Page Not Found - Error 404 By Lostsector LS_redirect = setTimeout(function() { location.href= "Masukkan URL Redirect tujuan Anda disini" }, 5000); </script>
Ganti tulisan yang berwarna merah sesuai yang anda inginkan.
Ganti tulisan yang berwarna biru dengan alamat url yang anda inginkan ( misal homepage atau halaman lainnya ).
● Setelah itu save. Selesai.

Maka kini blog anda telah memiliki halaman redirect error page. Sehingga tidak jadi kehilangan pengunjung secara sia-sia.

You may like these posts