-->

Cara Paling Praktis Bermain Pokemon GO ( Namun Paling Ampuh )

Saat ini dunia sedang “diwabahi” dan keranjingan dengan sebuah permainan yang disebut dengan Pokémon Go (ditulis Pokémon GO). 

 ● Apa itu Pokemon GO ? 

Pokemon Go adalah sebuah game/ permainan yang dimainkan pada Smartphone atau telepon pintar ( terutama yang berbasis iOS dan Android ) yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan sempalan Google bernama Niantic bekerja sama dengan Pokemon Company dan Nintendo, dimana game Pokemon GO ini menggunakan teknologi yang tergolong baru dan canggih bernama Augmented Virtual Reality atau permainan realitas tertambah. 
Niantic sendiri sebelumnya adalah pihak di balik game populer Ingress, sebuah game yang juga berbasis augmented-reality. 

Sebelum tersebar di seluruh dunia, awalnya, game yang diliuncurkan secara beta pada bulan Juli 2016 ini terbatas penggunaannya hanya di negara Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, dan Jerman. 

Berbeda dengan game-game yang telah ada selama ini Pokemon GO memang memiliki banyak perbedaan dan kelebihan. 
Perbedaan dan kelebihan utama dari game ini adalah, para pemain game Pokemon GO dapat dimungkinkan untuk memainkan game ini baik itu berupa menangkap, melatih, menukar, dan mempertarungkan setiap karakter dari Pokémon yang ada di dalam telepon di setiap tempat di dunia nyata, yang dalam hal ini memanfaatkan aplikasi GPS. 

Sebagaimana film animasinya, di dalam game Pokemon Go ini juga terdapat karakter-karakter monster yang lucu dan imut. 

Istilah Pokemon sendiri diambil dari singkatan gabungan 2 kata “pocket” dan “monster”. 

Kata “Pokemon” bisa berarti pocket monster atau monster saku. 
Yaitu karena kecilnya monster-monster yang ada hingga dapat dimasukkan ke dalam saku. 

● Garis besar alur Game Pokemon Go 

Secara garis besar alur permainan dari Pokemon Go adalah sebagai berikut : 

- Begitu masuk, pemain (baru) harus segera membuat karakter sebagai penangkap dan pelatih karakter Pokémon. 
Dalam membuat karakter ini, Pemain bisa memilih warna kulit, gaya rambut, warna mata termasuk juga pakaiannya sesuai keinginannya. 

- Setelah karakter di Pokémon Go dibuat, maka pemain akan dapat melihat karakter sekaligus peta di lingkungan sekitar, dimana nantinya akan digunakan sebagai latar permainan. 

- Di dalam peta tersebut terdapat PokéStops dan Pokémon Gym. 

PokéStops adalah suatu tempat dimana pemain bisa mendapatkan item pada permainan Pokémon Go. 

Sedangan Pokémon Gym adalah suatu tempat di mana pemain dapat melatih atau bertarung Pokémon dengan pemain yang lainnya. 

- Agar karakter dalam permainan bisa bergerak, maka pemain Pokémon Go juga harus berjalan-jalan di lingkungannya. 

- Untuk menangkap berbagai Jenis Pokémon cari lokasi yang sesuai dengan keberadaannya. Misal, jenis Pokémon air akan bisa ditemukan pada lokasi yang dekat dengan air seperti di sungai, kolam, dan sebagainya. 

- Setelah berhasil menangkap, maka Trainer bertugas untuk melatih Pokemon yang telah ditangkap, lalu berusaha meningkatkan level dari Pokemon tersebut sehingga semakin kuat. 

- Trainer bisa saling bertukar Pokemon dan berkompetisi dengan membuat Pokemon saling bertarung ( bertarung dengan pemain lain ) dan memilih tim sendiri untuk menguasai daerah tertentu. 

- ( Nah ini yang berbeda dengan game lainnya ) dengan adanya teknologi realitas tertambah (augmented reality) maka pemain akan dapat merasakan sensasi saat menangkap Pokémon, persis seperti yang terjadi di dunia nyata. 
Dan agar teknologi tersebut dapat berfungsi, smartphone atau telepon pintar harus dilengkapi dengan kamera dan memiliki sensor giroskop. 

- Pemain akan dapat melihat dunia Pokemon melalui layar smartphone sebagai viewfinder dari kamera dan akan melihat berbagai animasi dan objek 3D di layar tersebut. 

- Jadi secara garis besar Pokemon Go memadukan kondisi ( permainan ) di dunia maya dengan dunia nyata. Karena itulah pihak pengembang game juga menyediakan beberapa item yang bisa dibeli dengan uang nyata (in app purchase), apabila pemain menginginkan untuk mempercepat pengembangan Pokemon yang dimilikinya. 

● Cara download Pokemon GO 

Pokemon Go adalah game berbasis Android dan iOS yang bisa didownload secara gratis. Hanya saja sepertinya belum tersedia di Google Play Store dan Apple App Store di Indonesia. 
Namun jangan khawatir, jika berminat bisa diunduh melalui tautan dibawah.

Link download Pokemon GO 

http://www.apkmirror.com/apk/niantic-inc/pokemon-go/pokemon-go-0-29-0-release/pokemon-go-0-29-0-android-apk-download/ 

Caranya dowload Pokemon Go adalah dengan membuka tautan di atas, lalu unduh file APK yang terdapat tautan tersebut. 

● Cara menginstall Pokemon GO 

Dengan smartphone berbasis iOS atau Android, buka dan unduh file APK di atas. Setelah itu install di perangkat smartphone, seperti biasa. 
Hanya saja dengan cara di atas Pokemon Go akan memiliki sejumlah sejumlah keterbatasan, antara lain tidak tersedianya Pokemon Trainer Club, yang merupakan sebuah fitur untuk membuat akun global dan bermain Trading Card secara online.

● Legalitas download APK Pokemon GO 

Catatan : 
Ada rumor yang berkembang bahwa mengunduh APK Pokemon Go adalah tindakan illegal. 
Rumor juga menyebutkan di beberapa negara lain seperti Filipina dikabarkan pihak Nintendo telah mem-banned negara tersebut disebabkan banyaknya orang yang mendownload dan menjalankan APK Pokemon Go. 
 Namun pihak Nintendo sendiri tidak merilis pengumuman apapun tentang hal ini. Sehingga beberapa media asing mengatakan bahwa kabar tersebut merupakan sebuah hoax. 
Karena itu sangat disarankan untuk berhati-hati. 
Terlebih lagi, sekarang ada banyak sekali malware atau program jahat yang menyamar menjadi Pokemon Go. 

● Cara paling paling praktis dan paling mudah bermain Pokemon Go ( namun paling ampuh ) 

1. Untuk menjaga keamanan lebih disarankan membuat akun Google baru untuk digunakan pada Pokemon Go. ( Saran ini berdasarkan kesimpulan dari hasil pengamatan dan analisa para pengamat keamanan media internet ). 

2. Download dan install aplikasi Pokemon Go dengan memenuhi ketentuan yang diminta 

3. Log in 

4. Untuk memilih dan membentuk karakter dan nama Pokemon, isikan semua data yang diminta

5. Setelah itu pemain biasanya akan diberikan pilihan 3 karakter Pokemon yang terkenal, yaitu Bulbasaur, Charmander dan Squirtle. 

6. Temukan karakter pokemon Pikachu ( ini kunci keampuhannya ) 
Meski telah disuguhi 3 pilihan karakter Pokemon untuk dipilih, sebaiknya jangan dipilih salah satunya. Sebaiknya temukan dan pilih karakter pokemon Pikachu. 

7. Karena itu biarkan saja dan tetaplah terus berjalan menjauhi ketiga opsi karakter Pokemon tersebut. 
( Hati-hati, selama berjalan menjauh pemain biasanya akan tetap terus “digoda” untuk memilih salah satu karakter dari 3 Pokemon tersebut ). 
Teruslah berjalan sampai muncul dan pilih karakter Pikachu. 

8. Mendapatkan barang gratis di shop 
Coba buka bagian toko atau shop di Pokemon Go sehingga akan terlihat barang-barang yang dijual dengan satuan koin. 
Jika tidak punya koin jangan khawatir, pemain bisa mendapatkan barang gratis dari toko atau shop tersebut. Caranya, coba lihat dan klik bagian di pojok kanan yang berbentuk seperti tameng. 
Setelah diklik maka akan terlihat barang-barang gratis yang dapat diambil. 
Dengan catatan tombol tersebut hanya bisa ditekan satu kali dalam satu hari, dimana jika pemain melewatkannya dalam beberapa hari, maka di dalam tameng akan tertera tulisan angka yang menunjukkan jumlah hari pemain tidak menekan tombol tersebut, sedangkan jumlah barang gratis yang bisa diambil akan bertambah banyak. 
Catatan lainnya, barang gratis di toko hanya bisa didapatkan jika pemain sudah pernah bertanding di gym. 

9 . Mendapatkan pokemon yang lebih tinggi dengan cara menangkap pokemon Curveball atau menangkap pokemon dengan cara yang tidak biasa 
Caranya : 
Tahan poke ball sambil diputar-putar, lalu tunggu hingga poke ball mengeluarkan sinar …. dan … langsung lempar. 
Hanya saja cara ini bisa menghabiskan poke ball cukup banyak dan kemungkinan gagal lebih tinggi bila dibanding dengan melempar menggunakan teknik biasa. Karena itu lemparan harus benar-benar presisi. Tetapi jika berhasil Pokemon yang diincar akan semakin tinggi. 

10. Tidak harus berjalan mencari, Pokemon terkadang juga akan datang sendiri
Teknologi Augmented Reality atau Realitas visual akan membuat Pokemon terus bergerak. 
Jadi jika seandainya pemain hanya diam berdiri di suatu tempat, maka terkadang akan ada Pokemon yang secara tidak sengaja mendekat atau lewat. 
Dari situ pemain juga bisa menangkap Pokemon yang nyasar lewat. 
Hanya saja jika menggunakan cara ini jumlah Pokemon yang didapat tidak akan banyak dan beragam, bila dibandingkan dengan pemain yang sengaja “berburu” Pokemon. 

11. Menamai Pokemon sesuai yang dikehendaki 
Apabila pemain bosan dengan nama karakter Pokemon sebelumnya ( misal tadinya bernama 'Pikachu' ) maka dapat diganti dan dipilih nama lain sesuai yang dikehendaki. 
Biasanya setelah pemain berhasil menangkap Pokemon akan keluar pilihan untuk mengganti nama Pokemon tangkapannya. 

12. Menggunakan Pokemon Gym 
Sebagaimana telah disinggung, Pokemon Gym adalah sebuah tempat yang bisa digunakan untuk melatih Pokemon dan tempat untuk bertemu grup serta bertarung dengan Poke Master lainnya. 
Pokemon Gym ini membutuhkan satu pemimpin yang kuat. Sehingga pemain harus melatih pokemon-nya menjadi kuat dan memiliki level tinggi untuk bisa menjadi dan menggantikan pemimpin di gym. 
Bisa jadi pemain akan kalah, namun dengan kekalahan tersebut, Pokemon miliknya justru akan kembali dengan tenaga dan kemampuan yang lebih baik, terutama setelah melengkapinya dengan memberi yellow potions yang ada di item atau dengan membeli di shop. 

13. Tentang Klub Pokemon yang harus diketahui pemain
Ada tiga klub Pokemon yang ditandao dengan warna yang wajib diketahui dimana pemain bisa masuk. Yaitu Kuning (Instinct), Merah (Valor) dan Biru (Mystic). 
Pilih klub yang dianggap paling cocok. 

14. Buat para pokemon mendekat dan tangkap pokemon di Poke Stop 
Ketika berada di Poke Stop, untuk membuat para pokemon mendekat cobalah pasang Lure Module yang tersedia di Poke Stop dengan menekan kotak putih di atas foto Poke Stop. 
Lalu setelah para pokemon “terpikat”, gunakan teknik menangkap yang berdiri di satu tempat. 

15. Untuk mendapatkan notifikasi pokemon, aplikasi harus selalu diaktifkan 
Dan tips terakhir, untuk selalu bisa mendapatkan notifikasi Pokemon yang kebetulan berada di dekat lokasi maka pemain harus selalu mengaktifkan aplikasi. 
Apabila Pokemon Go tidak dibuka atau tidak diaktifkan, otomatis segala kegiatan di aplikasi tidak akan berjalan. 

● Nama-nama karakter Pokemon Go 

Jika dihitung-hitung karakter dalam Pokemon Go sangat banyak jumlahnya, amat sangat susah untuk dihafal satu persatu karena jumlahnya sampai ratusan. 
Dimana beberapa karakter tersebut termasuk karakter Pokemon langka, sebab biasanya hanya bisa dilihat. Sangat sulit ditangkap dan ditarungkan, kecuali jika ada even khusus tertentu dan atau dengan cara curang. Beberapa nama karakter yang sudah cukup dikenal antara lain Pikachu, Bulbasaur, Charmander, Ivysaur, Venusaur, Charmaleon, Squirtle, Charizard, Wartortle dan sebagainya. 

● Keunikan nama Karakter Pokemon GO 

Nama-nama karakter Pokemon Go pada dasarnya “diangkat” dari anime dan video game dengan nama Pokemon yang awalnya dibuat di Jepang oleh Satoshi Tajiri dibantu Ken Sugimori. 
Namun meski aslinya dari negeri matahari terbit Jepang, nama-nama karakter Pokemon tidak melulu berasal dari Jepang dan atau mencerminkan budaya Jepang. 
Nama-nama karakter pokemon dibuat dari kombinasi dua kata yang disingkat dan digabung menjadi satu. Nama “saur” misalnya merupakan kependekan dari kata “saurus” yang mengadopsi nama jenis binatang purba. 
Yang unik lagi adalah nama-nama karakter Pokemon Go juga diambil dari dan dengan mengkombinasi berbagai macam bahasa, mulai dari bahasa Jepang, Inggris, Perancis, Spanyol, hingga bahasa Suryani. 

● Kontroversi karakter Pokemon 

Meski termasuk unik, dari nama-nama karakter Pokemon itulah justru muncul kontroversi yang panas dan rumit. Di beberapa negara ( muslim ) melarang Pokemon. 
Sebab nama dari karakter yang ada di Pokemon dianggap atau memiliki arti tertentu yang dinilai bersifat tendensius, provokatif dan SARA 
( Konon, nama Pokemon dalam bahasa Suryani mempunyai “ Aku Yahudi”. Sedangkan Pikachu konon berarti “Jadilah Yahudi” ). 
Penganut agama Kristen juga marah pada Pokémon, sebab Pokémon dianggap mengakui adanya teori evolusi , Charles Darwin, mesti tidak secara langsung.
Beberapa nama karakter Pokémon yang jika diartikan dianggap bisa mengundang masalah kekerasan dari sudut pandang iman seorang Kristiani, karena merujuk pada kreasi yang berakar dari kitab Kejadian dalam Perjanjian Lama. 
Sebaliknya beberapa pemeluk agama Yahudi menganggap bahwa ada beberapa gambar karakter Pokémon ( Golbat dan Ditto ) adalah sesuatu yang anti-Semit. 

● Bahaya bermain Pokemon GO 

Sebagaimana biasanya sebuah permainan akan memiliki efek positif dan negatif.
Lihat juga : 

Menurut para ahli pengamat dan berdasar kasus-kasus yang telah terjadi pada para pemain game ini, Pokemon GO juga dinilai memiliki beberapa potensi bahaya. 

Bahaya bermain Pokemon GO antara lain : 

- Memiliki kecenderungan mambahayakan akun ( google ) terhadap terjadinya pembajakan, terutama jika akun tersebut digunakan untuk menyimpan dan untuk kepentingan data pribadi yang penting. 
- Menjadikan para pemain memiliki kecenderungan untuk kecanduan ( bermain game ini ) 
Simak juga : 
- Lebih rawan terjadi kecelakaan, terutama jika pemain terlalu asyik berburu karakter Pokemon tanpa mempedulikan lingkungan sekitarnya dengan menggunakan kendaraan 
- Lebih rawan terhadap tindak kejahatan atau kekerasan. Beberapa kasus yang telah terjadi membuktikan hal ini. 

● Tips bermain Pokemon GO secara aman 

- Sebaiknya buat dan gunakan akun ( Google ) baru ketika akan menggunakan Pokemon GO - Batasi dan kontrol diri agar tidak mengalami kecanduan 
- Apabila anak-anak yang bermain, sebaiknya orang tua juga ikut mendampingi, mengawasi dan mengarahkan 
- Saat bermain Pokemon GO jangan terlalu asyik dan meleng, perhatikan lingkungan sekitar sehingga tidak terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan. Terutama saat berburu Pokemon. 
- Batasi untuk tidak “berburu” Pokemon di tempat-tempat yang rawan ( terjadi tindak kejahatan ) dan membahayakan. 

● Popularitas game Pokemon GO 

Karena kelebihannya, begitu dirilis Pokemon GO langsung mendapat sambutan yang hangat – bahkan luar biasa dari para penggemarnya, dan langsung Booming. 
Belum pernah ada sebuah game yang mendapat sambutan seperti Pokemon GO. 
Peningkatan pengguna Pokemon GO bahkan dalam sekejap dapat Tinder, Candy Crush atau Twitter. 
Dan tidak lama lagi diprediksikan akan mampu mengalahkan Snapchat bahkan Google Maps sendiri! Dan yang paling mencengangkan, Pokemon GO telah berhasil mengalahkan pencarian kata kunci “P0rn0”. Padahal biasanya kata kunci ini selalu nangkring di teratas di mesin pencari. Sedangkan yang “njelehi” kombinasi dua kata kunci tersebut “PokeP0rn” dikabarkan juga ikut meningkat sangat tajam. Kini di berbagai negara, berbagai lapisan masyarakat sedang keranjingan untuk memainkan game Augmented Reality ini. 

● Besarnya penghasilan Pokemon GO 

Dengan minat, sambutan dan pemain yang begitu melimpah di seluruh dunia, tidak mengherankan jika dalam waktu singkat pihak pengembang Pokemon GO mampu meraup penghasilan yang begitu fantastis. 
Kabar terakhir menyebutkan bahwa penghasilan dari Pokemon GO bisa mencapai 1,6 US Dollar hanya dalam waktu 1 hari saja ! 
Dan untuk tahun 2016 ini penghasilan total dari Pokemon GO diprediksikan mencapai hingga 1 Milliar US dollar. Fantastis. 
Dari mana pihak pengembang mendapatkan penghasilannya ? 
Ingat telah disebutkan di atas, bahwa pihak pengembang juga menyediakan item yang bisa digunakan untuk meningkatkan dan memperkuat Pokemon pemain yang dijual dengan uang nyata ! 
Ini tentang trik main game android :

You may like these posts